Selasa, 26 Oktober 2010

Prinsip Manajemen

Pelaksanaan kegiatan dalam suatu organisasi atau perusahaan memerlukan suatu langkah-langhkah untuk mencapai sebuah tujuan. Dengan demkian, manajemen menpunyai suatu prinsip untuk memaksimalkan kegiatan dan pencapaiannya secara efisien.

Secara umum langkah-langkah yang digunakan dalam manajemen harus memenuhi prinsip-prinsip berikut.

1. Efisien, apabila tujuan itu dapat dicapai dengan cepat dan tepat.
2. Cepat, menunjukan waktu yang digunakan.
3. Tepat, menunjukan pencapaian sasaran yang dikehendaki.
4. Hemat, menunjukan penekanan biaya seminimal mungkin untuk memperoleh hasil yang optimal.

Henry Fayol merupakan salah seorang contoh yang mengemukakan prinsip-prinsip manajemen. Prinsip-prinsip tersebut adalah sebagai berikut :

1. Pembagian Kerja
Pembagian kerja merupakan spesialisasi yang dianggap perlu agar penggunaan tenaga kerja bisa efisien.

2. Otoritas dan Tanggung Jawab
Fayol melihat bahwa ada hubungan otoritas dan tanggung jawab. Tanggung jawab muncul dari adanya otoritas. Jadi, jika seorang ketua harus bertanggung jawab akan lancarnya suatu acara, ia juga harus diberi kekuasaan yang sepadan.

3. Disiplin
Agara tujuan organisasi bisa tercapai, harus ada disiplin. Tidak da bisnis yand dapat berjalan lancar apabila tidak memiliki disiplin. Disiplin tidak datang dengan sendirinya. Disipin harus diterapkan dan dipertahankan.

4. Kesatuan Komando
Kesatuan komando berarti bawahan harus menerima perintah dari satu atasan saja. Apabila bawahan menerima perintah dari banyak atasan maka akan terjadi kekacauan.

5. Kesatuan Pengarahan
Menurut prinsip ini, setiap kelompok aktivitas dengan tujuan yang sama harus memiliki satu kepala dan satu rencana. Sebagai pembeda dari prinsip kesatuan pengarahan ini berhubungan dengan organisasi induk, bukan dengan pegawai.

6. Menomorduakan Kepentingan Individu Dibandingkan dengan Kepentingan Umum
Kepentinga bersama harus lebih diutamakan daripada kepentingan individu. Apabila tidak, organisasi bisa berantakan.

7. Gaji
Pemberian gaji harus adil bagi karyawan. Gaji yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan, situasi ekonomi, seta kondisi perusahaan. Metode pemberian gaji juga harus dipikirkan serta memberikan kepuasan semksimal mungkin.

8. Sentralisasi dan Desentralisasi
Seperti halnya pembagian kerja, sentralisasi dianggap Fayol sebagai hal yang alami. Masalah ini jga tergantung pada proporsi.

9. Rantai Saklar
Fayol menganggap rantai saklar sebagai peringkat pangkat, mulai dari yang paling tinggi sampai yang paling rendah. Hal ini tidak boleh dianggap tanpa sebab, namun harus diperpendek apabila birokrasinya berbelit-belit.

10. Keteraturan
Keteraturan menurut Fayol adalah menempatkan sesuatu atau seeorang yang tepat ditempat yang tepat. Fayol percaya bahwa keteraturan ini bisa tercipta melalui penggabungan atau keseimbangan antara pengetahuan manusia dan penggunaan sumber daya manusia.

11. Keadilan
Para karyawan akan memberikan kesetiaan apabila pihak manajer bersikap adil dan baik terhadap karyawannya. Sebaliknya, jika manajer bersikap sewenag-wenang maka jangan harap para karyawan aka bertahan lama di organisasi.

12. Stabilitas Masa Jabatan
Baik manajer atau bawahan membutuhkan waktu untuk mempelajari pekerjaan mereka. Jika seorang karyawan keluar atau pindah dalam waktu singkat, maka perusahaahn akan membuang-buang waktu lagi untuk mengajari karyawan baru. Karyawan baru membutuhkan waktu untuk belajar sebelum bisa bekerja secara produktif.

13. Inisiatif
Inisiatif merupakan pemikiran atau pelaksanaan suatu rencana. Agar mucul inisiatif dari bawahan, manajer harus mengurangi egonya. Selama bawahan tidak melanggar otoritas atau disiplin dan selama perwujudan inisiatif dapat membantu mencapai tujuan, menurut Fayol, inisiatif itu harus dibiarkan.

14. Semangat Korps
Dengan kesatuan komando, kerja sama kelompok, dan komunikasi, tujuan kelompok akan dapat tercapai. Fayl memberikan saran bahwa manajer harus menjaga agar kelompok tetap bersama. Seorang manajer juga lebih disarankan untuk memberikan perintah secra lisan daripada tertulis agar cepat sampai dan jelas.

(source : anggota IKAPI no. 105/JTE/06)

0 komentar:

Posting Komentar