Senin, 17 Oktober 2011

Persaingan Dunia Komputer

Persaingan Dunia Komputer saat ini tengah terjadi persaingan keras antara China, jepang dan Amerika, Negara China mengklaim tengah mempersiapkan Komputer “Tercepat” di dunia. China berhasil melampaui Amerika Serikat dalam hal teknologi superkomputer, begitu juga denga jepang yg bersaing debga amerika dan china. Ini didasarkan survei kecepatan mesin komputer di dunia yang dinilai oleh para ahli dari Jerman dan Amerika Serikat.

Tianhe-1 yang berarti ‘Bima Sakti’ mampu mencapai kecepatan komputasi 2570 triliun kalkulasi per detik, dan menempatkannya di tahta nomor satu dalam survei 500 superkomputer. Meski demikian, Tianhe – 1 yang dipakai di Tianjing menggunakan chips komputer buatan perusahaan AS.

Sementara juara sebelumnya, komputer Jaguar yang dipakai pemerintah AS di Tennessee, melorot di peringkat kedua. Jaguar mampu bergerak dengan kecepatan kalkulasi 1.750 triliun per detik. Sementara sistem komputer lain milik China, Nebulae, di Shenzhen berada di posisi tiga.Meski AS masih mendominasi, setidaknya lebih dari setengah dalam kategori 500 komputer tercepat, namun China berhasil memasukkan 42 sistem dalam peringkat itu. China bahkan mengalahkan negara aditeknologi lainnya — Jepang, Prancis, Jerman, dan Inggris.

Ini bukan kali pertamanya mahkota raja digital AS diambil alih negara Asia. Pada 2002, Jepang membuat mesin dengan kekuatan setara dengan 20 komputer paling top AS digabungkan jadi satu. Superkomputer digunakan untuk berbagai bidang yang membutuhkan perhitungan rumit dengan banyak variabel seperti pertahanan, energi, keuangan, dan ilmu pengetahuan.

Perlombaan adikomputer juga menjadi kebanggaan nasional sebuah bangsa. Demikian berita yang disampaikan http://www.waspada.co.id
Sebaliknya Amerika tidak tinggal diam, mereka mempersiapkan dua komputer tandingan yang sama-sama “Tercepat” didunia. Seperti yang diberitakan oleh http://www.tribunkaltim.co.id

Dua superkomputer yang tengah dirancang para insinyur di Amerika didesain mampu melakukan 20 petaflop (20 triliun kalkulasi/perhitungan per detik). Kecepatannya bakal jauh di atas Tianhe-1, nama superkomputer China yang nangkring di daftar teratas 500 komputer tercepat saat ini dengan kinerja hingga 2,57 petaflop.
Salah satu superkomputer dibangun di Oak Ridge National Laboratory, lokasi yang sama dengan superkomputer Jaguar yang menempati peringkat dua dunia saat ini.

Superkomputer kedua dibangun di Lawrence Livermore National Laboratory oleh IBM. Namun, kedua sistem diperkirakan baru selesai pada 2012. Dalam daftar Top 500 yang baru saja dirilis, China tidak hanya mencatat superkomputer tercepat tapi juga memasukkan 42 superkomputer di dalamnya melampaui negara maju seperti Jepang, Jerman, dan Inggris. Amerika masih mendominasi dengan 275 dari 500 superkomputer dalam daftar tersebut.

Prosesor Intel masih menjadi pilihan prosesor sebagian besar superkomputer. Dari 500, 398 menggunakan rangkaian prosesor Intel. Sementara AMD hanya digunakan 57 superkomputer. Sebagian besar termasuk buatan China pun masih menggunkan chip buatan perusahaan Amerika termasuk dukungan GPU seperti buatan Nvidia.

Para perusahaan di china memang sedang gencar gencarnya memproduksi komputer untuk menyaingi pasar komputer amerika yang juga semakin tersaingi dengan adanya china sebagai produsen komputer yang handal, tidak hanya itu saja negara negara maju pun seperti jepang juga memasarkan produk komputer mereka ke pasar dunia. Hal itu juga membuat amerika sebagai perangkat pembuat komputer semakin banyak saja perangkat komputer yg dipakai oleh pasar komputer chinadan jepang. Memang pasar komputer saat ini sedang di dominasi oleh pasar komputer asia karna faktor sdm yang murah dan juga faktor produksi yang murah juga.

Di indonesia sendiri saja sudah banyak sekali merek merek komputer yang berasal dari amerika, china dan jepang. Dan tidak aneh apabila ketiga negara tersebut dapat juga mnguasai pasar persaingan dunia komputer saat ini, apalagi dunia komputer saat ini sudah bukan barang asing lagi melainkan sudah menjadi kewajiban bagi seseorang untuk mempunyai sebuah komputer.

Dan sekarang pun sudah banyak tenaga tenaga manusia yang tergantikan dengan tenagakomputer yang dinilai lebih bisa menghemat waktu danlebih detail mengerjakan sesuatu. Oleh karna itu wajar bila persaingan dunia komputer semakin berkembang pesat tidak hanya dari ketiga negara itu saja, yakni amerika, jepang dan china.

source:
http://www.waspada.co.id
http://www.tribunkaltim.co.id
http://halimicirebon.wordpress.com

Terimakasih telah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.
LESTARIKANLAH MEMBACA MULAI DARI SEKARANG!!!

0 komentar:

Posting Komentar