Kamis, 25 Oktober 2012

Penipuan Pegawai di Bagian Purchasing


Penipuan dapat dilakukan oleh orang dalam (internal) organisasi maupun oleh orang luar (eksternal) organisasi.

Penipuan pelaporan keuangan :
tindakan yang disengaja baik melalui tindakan atau penghilangan yang menghasilkan laporan keuangan yang menyesatkan secara material

Pada kali ini contoh penipuan pegawai yang sering dilakukan oleh pegawai tersebut adalah pegawai yang bekerja di bidang purchasing/pembelian barang. Saya gambarkan pegawai yang bekerja di perusahaan onderdil mobil yang berada di daerah cikarang, bekasi.

Cara kerja penipuan pegawai yg dilakukan di bidang purchasing/pembelian barang adalah ketikan pegawai tersebut diperintahkan oleh bagian stok barang untuk membelikan beberapa stok gudang yg sudah habis lalu pegawai purchasing ini pun segera membelikan barang yg tadi diperintahkan oleh bagian stok barang dengan membawa beberapa catatan barang apa saja yg harus di beli dan. Ketikan pegawai purchasing ini sampai ditempat barang yg menjual barang yang tadi diperintahkan lalu pegawai tersebut langsung membelikan barang tersebut.

Tapi ketika barang tersebut sudah di beli dan sudah dibuatkan nota pembelian oleh si penjaga toko tersebut, pegawai ini meminta nota pembelian kosong yang nantinya pegawai tersebut yg mengisikan dengan harga yang beda dengan harga yang di nota pembelian yang di sudah dibuatkan oleh penjaga toko tersebut. Maksud dari pegawai ini adalah mendapatkan keuntungan yang lebih dari pembelian barang yang nantinya nota pembelian tersebut diberikan kepada bagian stok barang untuk sebagai tanda bukti pembelian barang tersebut.   

Sebab-Sebab Terjadinya Penipuan, Terdapat tiga sebab yaitu:

1. Tekanan
motivasi seseorang untuk melakukan penipuan.

2. Peluang
kondisi atau situasi yang memungkinkan seseorang untuk melakukan dan menutupi suatu tindakan yang tidak jujur.Peluang sering kali berasal dari kurangnya pengendalian internal

3.Rasionalisasi
alasan yang sering dikemukakan/diungkapkan untuk melakukan penipuan

Menurut Komisi Nasional atas Pelaporan Keuangan(Treadway comission)ada 4 tindakan untuk mengurangi kemungkinan antara lain :
1.Membentuk organisasi yang memberikan kontribusi terhadap integritas laporan keuangan
2.Identifikasi dan pahami faktor faktor pendorong kearah penipuan laporan keuangan.
3.Nilai resiko dari penipuan laporan keuangan
4.Desain dan implementasikan pengendalian internal.

0 komentar:

Posting Komentar