Penipuan dapat dilakukan oleh orang
dalam (internal) organisasi maupun oleh orang luar (eksternal) organisasi.
Penipuan pelaporan keuangan :
tindakan yang disengaja
baik melalui tindakan atau penghilangan yang menghasilkan laporan keuangan yang
menyesatkan secara material
Pada kali ini contoh penipuan pegawai
yang sering dilakukan oleh pegawai tersebut adalah pegawai yang bekerja di
bidang purchasing/pembelian barang. Saya gambarkan pegawai yang bekerja di
perusahaan onderdil mobil yang berada di daerah cikarang, bekasi.
Cara kerja penipuan pegawai yg dilakukan
di bidang purchasing/pembelian barang adalah ketikan pegawai tersebut
diperintahkan oleh bagian stok barang untuk membelikan beberapa stok gudang yg
sudah habis lalu pegawai purchasing ini pun segera membelikan barang yg tadi
diperintahkan oleh bagian stok barang dengan membawa beberapa catatan barang
apa saja yg harus di beli dan. Ketikan pegawai purchasing ini sampai ditempat
barang yg menjual barang yang tadi diperintahkan lalu pegawai tersebut langsung
membelikan barang tersebut.
Tapi ketika barang tersebut sudah di
beli dan sudah dibuatkan nota pembelian oleh si penjaga toko tersebut, pegawai
ini meminta nota pembelian kosong yang nantinya pegawai tersebut yg mengisikan
dengan harga yang beda dengan harga yang di nota pembelian yang di sudah
dibuatkan oleh penjaga toko tersebut. Maksud dari pegawai ini adalah
mendapatkan keuntungan yang lebih dari pembelian barang yang nantinya nota
pembelian tersebut diberikan kepada bagian stok barang untuk sebagai tanda
bukti pembelian barang tersebut.
Sebab-Sebab Terjadinya Penipuan,
Terdapat tiga sebab yaitu:
1. Tekanan
motivasi seseorang untuk melakukan penipuan.
2. Peluang
kondisi atau situasi yang memungkinkan
seseorang untuk melakukan dan menutupi suatu tindakan yang tidak jujur.Peluang
sering kali berasal dari kurangnya pengendalian internal
3.Rasionalisasi
alasan yang sering
dikemukakan/diungkapkan untuk melakukan penipuan
Menurut Komisi Nasional atas Pelaporan Keuangan(Treadway comission)ada 4 tindakan untuk mengurangi kemungkinan antara lain :
1.Membentuk organisasi yang memberikan kontribusi terhadap integritas laporan keuangan
2.Identifikasi dan pahami faktor faktor pendorong kearah penipuan laporan keuangan.
3.Nilai resiko dari penipuan laporan keuangan
4.Desain dan implementasikan pengendalian internal.
0 komentar:
Posting Komentar