Selasa, 30 Oktober 2012

Tugas SIA


Soal :
Banyak restoran yang menggunakan nota pesenan pelanggan yang telah diberi nomor terlebih dahulu. Setiap pelayan diberikan nota ini untuk menulis pesanan pelanggan. Pelayan diberitahukan untuk tidak membuang satupun nota pelanggan tersebut. Apabila terjadi kesalahan, mereka harus membatalkan nota tersebut dan menulis yang baru. Setiap hari, seluruh  nota yang dibatalkan akan dikembalikan ke manajer. Bagaimanakah cara kebijakan ini dapat membantu restoran untuk mengendalikan penerimaan kasnya?

Jawab :
Menurut pendapat saya, kebijakan hal seperti ini sudah cukup dapat membantu restoran untuk mengendalikan penerimaan kasnya dari pelayan yang bersifat tidak bertanggung jawab/pelayan yang nakal memainkan nota pelanggan untuk mendapatkan keuntungan. Pengendalian penerimann kas ini sudah banyak digunakan di restoran restoran lainnya agar penerimaan kas mereka dapat terkontrol secara lebih akurat.

Pemilik restoran tersebut pun bisa dengan mudah mengontrol penerimaan kas restorannya dengan melihat buku besar yang dimiliki restoran tersebut dengan demikian, susah sekali untuk pelayan yang mempunyai tujuan yang tidak diinginkan untuk melakukan penipuan terhadap penerimaan kas restoran karna setiap transaksi nota pelanggan sudah dilengkapi nomor dan juga jika terjadi kesalahan penulisan atau terjadi kesalahan pemesanan maka nota tersebut harus dikembalikan. 

Peran kontroler pada kasus ini pun sangat penting keberadaannya, dimana peran kontroler harus bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan memproses data yang dibutuhkan untuk mempersiapkan laporang keuangan dan berbagai macam laporan manajerial.

Dengan cara pengendalian seperti ini berbagai siklus transaksi saling berhubungan dan saling bertalian dengan buku besar dan sistem pelaporan yang dimiliki oleh restoran tersebut yang digunakan untuk menghasilkan informasi bagi manajemen dan pihak pihak eksternal.

Pemberian nomor nota pada pengendalian restoran tersebut akan menyederhanakan verifikasi bahwa setiap transaksi sudah dicatat dan tidak ada dokumen yang salah letak. Bayangkan jika anda harus mencoba untuk mencocokkan nota tatapi nota tersebut tidak diberi nomor terlebih dahulu.

Formulir yang di desain dengan baik dan tampilan entry data dapat memperbaiki akurasi dengan cara memberikan instruksi atau saran tentang data yang harus dikumpulkan, dengan cara pengelompokkan informasi-informasi yang secar logika saling berhubungan, melalui pemakain kotak yang dicawang (check-off boxes) atau menu pull down untuk menyajikan pilihan yang tersedia, serta dengan cara pemakaian bayangan dan garis batas yang sesuai, untuk memisahkan data secar jelas.

0 komentar:

Posting Komentar